CLICK HERE FOR THOUSANDS OF FREE BLOGGER TEMPLATES »

About Me

Tuesday, August 30, 2005

DIRUNGHAL

Yup maybe buat sebagian perempuan kata itu kayak nightmare. Menurut survey, at least menurut yang aku tau hampir semua perempuan engga akan mau dirunghal (this words klo ditranslet into Indonesia: Dilangkahi menikah oleh adik ato sodara yang umurnya lebih muda).
Ada budaya di kita yang releted to this runghal thing ini. Katanya klo seorang kakak dilangkahi menikah oleh adenya si kaka bakalan susah dapet jodohnya makanya si ade harus ngaih sesuatu buat si kakanya supaya si kakak engga susah cari jodoh.. Is it true? Entahlah, tapi aku dapet juga sih ‘pelangkah’ walopun adeku telat ngasihnya he…he.. (Oh ya for your information aku salah satu contoh kasus di mana aku dirunghal ama adeku)

Untuk sebagian orang mkasudnya perempuan dilangkahi menikah oleh ade merupakan suatu aib apalagi klo adenya itu laki-laki. Tapi hal itu tidak berlaku kalo sang kaka berkelamin laki-laki., kaum mereka mayoritas tidak begitu peduli siapa yang menikah duluan. Yah mungkin buat mereka ga ada masalah mo nikah di umur tua juga karena lingkungan engga akan begitu menghakimi kaum laki-laki apabila mereka belum juga menikah ato adik-adiknya duluan menikah tapi tidak begitu bagi perempuan. Malah ada lho hanya karena kakanya engga mau dilangkahi, si ade rela baru menikah di usia yang engga bisa dibilang muda lagi yaitu di usia yang sangat beresiko apabila ingin memiliki anak dari rahimmya sendiri. . Imagine! Waktu aku denger itu, aku jadi feel sorry buat adenya. . Yah.. tapi itu memang semua berpaling ke masing-masing pihak. Ada yang memang adenya ikhlas tetep nunggu kakanya nikah duluan, ini biasanya sih kebanyakan klo adenya laki-lahi tapi ada juga sang kakak yang merelakan adenya nikah duluan mo adenya perempuan atau laki-laki. Aku pribadi engga keberatan adeku menikah duluan, mungkin memang jodohnya deket. Semua itu kan sudah ada yang ngatur. Yakin aja semua hal pasti ada waktunya

3 comments:

Irma said...

euleuh euleuh.. eta meuni sumanget kitu carita pangalaman dirunghal! hihii :P

Wilujeng bergabung sebagai blogger, cha! Mangga geura blogwalking, jalan-jalan ke rumah temen-temenku yg lain..

Oya, tong hilap dihaturanan linggih di http://wsab.blogspot.com <-- ieu teh blogna wanita sunda antar benua teaa.. hehe rame lahh, ngobrol kaditu kadieu nganggo basa sunda! :)

nanti saya invite di milis nya ya Neng! :D

Anonymous said...

Tetap semangat Cha !
Jodoh memang rahasia... dan sudah diatur sama Alloh SWT. Tapi kita juga jangan lupa untuk ikhtiar ya, karena tetep kita yang harus mencari pintu rahmat tersebut... Tetap semangat !!!


-Abah-

Ophi said...

Hallo Icha salam kenal..mampir ka blogna Irma, iseng2 klik2 hihi..da tulisannya Icha Bandung..apekteh sunda ogeh yeuh sok ngiring eta WSAB heehe eta nu di luhur abah godeg lain nya? aka adik ipar sayah hihi...Cha saya link nya sing sering2 update nya